Postingan ini, alhamdulillah, masuk sebagai 50 besar tulisan terbaik versi lomba blog detik dan daihatsu. Lomba Blog bertema Tekhnologi Hijau. Sebagai upaya mendukung program Go Green.
Emisi karbon kendaraan bermotor ikut andil dalam pencemaran
sumber |
Isu lingkungan
semakin hangat menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Masalah pencemaran
bukanlah masalah sepele, melainkan permasalahan yang menyangkut hajat hidup
orang banyak dan masa depan lingkungan secara global. Permasalahan lingkungan
global telah melebar sedemikian rupa hingga pada tahap memprihatinkan.
Kerusakan terumbu karang, pencemaran sedimen dan biota laut, kerusakan tanah
dan sumber air tanah, merosotnya ruang terbuka hijau, hingga dampak luar biasa
pada udara akibat emisi gas karbon dan berbagai cemaran lainnya.
Pada pencemaran
udara, dampaknya akan cukup besar pada kehidupan manusia. Udara adalah komponen
penting bagi kehidupan. Dimana O2 dihirup oleh seluruh makhluk hidup di bumi,
terkecuali oleh bakteri anaerob.
Derajat
pencemaran udara yang diperoleh adalah hasil dari uji pada substansi fisik,
kimiawi atau biologi pencemaran pada atmosfer bumi, dengan memperhatikan data
biologi pada hewan atau manusia. Pencemaran dapat dikatakan berbahaya jika
sudah melebihi ambang batas yang akan dapat membahayakan kesehatan manusia,
hewan dan tumbuhan.
Sedangkan
partikulat pencemar dapat terdiri antara lain dari, Gas karbon monoksida, CO. Gas-gas nitrogen oksida, NOx. Gas hidrokarbon, CH.
Gas belerang oksida, Sox. Partikulat-partikulat (padat dan cair).
Penyumbang pencemaran udara dan permasalahan lingkungan global salah
satunya adalah emisi gas karbon oleh kendaraan bermotor, termasuk mobil.
Kendaraan bermotor, menjadi barang sekunder yang begitu dibutuhkan dengan
tingkat kualitas hidup dan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi.
Apalagi kini dengan berbagai kemudahan, semakin terjangkaunya harga
kendaraan dan meningkatnya perekonomian, kendaraan bermotor semakin menjamur,
termasuk mobil.
Kebutuhan Tekhnologi berkendara dan keseimbangan lingkungan
Mobil sudah
berubah fungsi dari barang tersier dan ekslusif menjadi kebutuhan sekunder,
karena perubahan jaman. Namun kebutuhan lingkungan dan keseimbangannya tidak
ada yang berubah. Alam tetaplah membutuhkan para penjaganya agar tetap lestari
dan pencemaran lingkungan tetap terkendali, bahkan di eliminasi.
Persaingan para
produsen mobil adalah tuntutan pasar. Penikmat tekhnologi kendaraan selalu
membutuhkan kemajuan, kenyamanan, keselamatan dan kecanggihan kendaraannya.
Tuntutan persaingan inilah yang kemudian menjadi awal dari lahirnya
terobosan-terobosan baru dalam dunia otomotif.
Terobosan
inspiratif yang sensitive terhadap isu lingkungan salah satunya telah
dikemukakan oleh Daihatsu dengan mengusung tekhnologi hijau sebagai acuan.
Tekhnologi hijau
pada kendaraan yang dimaksud adalah, dengan tetap menghadirkan aspek-aspek unggulan dalam berkendaraan
namun dengan tetap tidak melupakan hubungan dampak emisi kendaraan dan kebutuhan
lingkungan akan keseimbangannya.
Daihatsu menghadirkan inovasi unggulan dengan tiga tahap terobosan
inspiratif
Perusahaan
otomotif asal Jepang ini telah berkiprah selama sekitar 105 tahun bagi perkembangan otomotif. Bukan waktu yang sebentar, sehingga sudah begitu
banyak ide dan terobosan unggulan dengan harga terjangkau dari Daihatsu untuk
para konsumennya.
sumber |
Sebagai bukti keperdulian Daihatsu akan semangat go green, kini, dengan
mengusung ide tekhnologi hijau, Daihatsu kembali menghadirkan ide dan terobosan brilian untuk masa depan lingkungan.
Pada kesempatan
di IIMS tahun 2012, Research & Depelopment PT Astra Daihatsu Motor
memaparkan secara gamblang tiga tahapan pengembangan tekhnologi masa depan
kendaraan Daihatsu.
sumber |
Pengembangan tekhnologi baru yang akan diterapkan mencakup beberapa aspek.
“Eco Idle” merupakan
terobosan dalam mengontrol mesin secara otomatis. Mesin dengan pengembangan tekhnologi
ini akan mati secara otomatis jika berada dalam kondisi macet pada waktu tertentu.
Keuntungan dari penerapan tekhnologi ini adalah, dapat
mengefesiensikan konsumsi bahan bakar. Dengan system i-EGR maka emisi dari gas
karbon dapat diminimalisasi dan pembakaran bahan bakar pun sempurna.
Dengan penggunaan tekhnologi “active
ignition system dan improvement lain, maka akan jauh lebih memaksimalkan
efesiensi penggunaan bahan bakar. Kisaran efesiensinya mencapai hampir 30%
lebih unggul dibanding tekhnologi sebelumnya.
Dan dengan
pengembangan tekhnologi ketahap selanjutnya dengan menggunakan mesin dua silinder turbo charged,
penggunaan sumber daya alam lebih sedikit.
sumber |
Meskipun mesin kecil, komponen alat
lebih ringan, tetapi manfaat maksimal dari mesin turbo yang ada pada tahap ini,
tetap bisa memberikan kenyamanan berkendara. Biaya produksi yang dikeluarkan
pun jauh lebih minimal, karena tidak menggunakan logam mulia. Sehingga harga
fisik kendaraan akan lebih terjangkau.
sumber |
Wujud dari
kendaraan ramah lingkungan, seyogyanya adalah dengan buangan/emisi gas carbon nol persen. Untuk itulah dikembangkan tahap terakhir yaitu Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC).
Pengembangan kendaraan
dengan emisi gas karbon nol persen, akan di fokuskan pada
pengembangan bahan bakar pengganti.
Daihatsu mengembangkan penerapan bahan bakar cair baru, yang bila melalui tahap pembakaran
kendaraan tidak akan meninggalkan jejak gas carbon di udara.
Bahan bakar zat
cair baru tersebut hadir dalam bentuk Hidrazin Hidrat. Bahan bakar ini memiliki
kepadatan energi dan tidak menghasilkan sisa buangan atau emisi gas carbon.
Hal ini
dikembangkan, sebagai bukti nyata keperdulian Daihatsu terhadap konsumen dan
lingkungan serta masa depan lingkungan. Pemaparan pengembangan tekhnologi hijau
diatas, dengan harapan besar memberikan produk yang kompak, dengan harga
terjangkau dan ramah lingkungan.
Kenangan bersama Daihatsu yang tidak ingin terlupakan.
Secara
pribadi saya sudah cocok dengan Daihatsu. Banyak momen indah yang kami
lalui bersama dengannya. Salah satunya terekam dalam foto ini.
liburan keluarga tahun 2012 |
Langkah nyata, kendalikan pencemaran lingkungan
Terobosan
inspiratif dari Daihatsu patut di acungi jempol. Sebagai perusahaan yang telah bertahun-tahun begitu dekat dengan
masyarakat dunia terutama pengguna otomotif.
Kepedulian
pada lingkungan dari pemerintah, masyarakat bahkan perusahaan butuh
diwujudkan dan mendapat atensi khusus. Lingkungan punya hak untuk
mendapatkan perlindungan nyata, sehingga dampak pencemaran lingkungan
dapat dikendalikan sesegera
mungkin.
sumber |
Sehingga
apa yang menjadi permasalahan pencemaran ini tidak semakin merusak,
menimbulkan efek merugikan bagi estetika dan kenyamanan lingkungan,
kesehatan manusia, bahkan dampak-dampak lebih
buruk yang bisa terjadi, seperti mengiritasi indera dan bereaksi pada
faal tubuh atau
akibat-akibat fatal yang lebih parah hingga menimbulkan kematian,
layaknya
film-film fiksi ilmiah yang sering dipertontonkan.
Bukankah kita tidak ingin malapetaka pencemaran dalam film-film fiksi menjadi kenyataan pahit
yang benar-benar harus dihadapi? Saatnya lah kini kita menatap masa depan yang cerah.
Berkendara
nyaman, hemat dan ramah lingkungan kini menjadi priroitas untuk masa depan dunia
secara keseluruhan.
mari kita dukung teknologi yang ramah lingkungan
BalasHapushttp://asikbelajar-tik.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-sama-dengan-menjaga.html
Iya, kita dukung tekhnologi hijau untuk masa depan bumi. :D. Terimakasih kunjungannya ya
Hapuswah keren yah postinganya.. hehe :D
BalasHapusdi tunggu kunjungan nya dan saran nya juga ya di
http://ruthsamariapardede.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau.html
maksih :D
Terimakasih... :D
Hapusterimakasih ya.. siip... sukses ya!
BalasHapuskeren banget ulasannya n *moga berhasill
BalasHapuskunjung aku juga ya http://kimchiness48.blogspot.com/2013/04/Daihatsu.html
terima kasih ya. Siap! saya pasti berkunjung ke blog mu
Hapuswah,informasi yang sangat brmanfaat :)
BalasHapusditunggu kunjungan baliknya :D
ardirahman.blogdetik.com
Terimakasih sudah mau berkunjung mas bro...
HapusSiip... :)
Keren nih infonya
BalasHapushttp://nabianz.blogdetik.com/2013/04/15/teknologi-hijau-3-tahapan-genius-daihatsu-untuk-masa-depan/
Terimakasih :)
Hapusartikel keren mbak
BalasHapuskunjung balek yah http://aku-iki.blogspot.com/2013/04/hidup-dengan-teknologi-hijau.html
Terimakasih ya :D
HapusSiip ;) ditunggu
msalah kemacetan bakalan teratasi dengan teknologi eco-idle nya daihatsu.... dukung teknologi hijau...
BalasHapuskunjungi blog beta di http://www.betasmind.com/2013/05/teknologi-hijau-untuk-bumiku.html
salam kompetisi
salam hijau
salam blogger
siip :) thansk ya sudah berkunjung...
HapusUlasannya lugas dan jelas gan….Keep Blogging & selamat berkompetisi ^_^
BalasHapusMampir di pondok ane ya, Trims :)
http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html
Siip, terimakasih ya :)
Hapuswah cakep banget nih uraiannya, kunjungan baliknya ya gan.
BalasHapushttp://guratanmakna.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-daihatsu-harapan-masa.html
thanks ya :) siip
HapusMantap Banget tulisannya..
BalasHapusKunjungi juga : http://rajartikel.blogspot.com/2013/04/tekhnologi-hijau-yang-unggul_30.html
Mantap Banget tulisannya..
BalasHapusKunjungi juga : http://rajartikel.blogspot.com/2013/04/tekhnologi-hijau-yang-unggul_30.html
Makasih ya :)
BalasHapussiip ditunggu
Siip .... :) Amin. dukung terus semangat hijau
BalasHapusTerimakasih sudah berkunjung ya.. :) siip ditunggu
BalasHapusMohon bantuannya untuk like artikel saya mustopa yang berjudul Teknologi Hijau Daihatsu Harapan Masa Depan Bumi Kita di web http://microsite.detik.com/minisite/daihatsublog/listblog
BalasHapusterima kasih.
keren artikelnya..
BalasHapusmampir juga ke blog saya ya..
http://talking-2.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-dari-daihatsu-solusi.html
salam kenal.. makasi :)
thanks... siip :)
Hapustulisannya sangat mengispirasi mbak, sangat lengkap, dan jelas. sukses ya, mbak.
BalasHapusTerimakasih mbak Dwi ;)
Hapusterimakasih ya....
BalasHapusWah, postingan yang berbobot nih, bunda belum tentu bisa membuat postingan seperti ini, lengkap, mendetail, lengkap dengan membubuhkan referensi pula. Salut. Semoga menang dalam lomba. Aamiin.
BalasHapusTerimakasih bunda... Bunda juga hebat. :)
BalasHapusKereen .. Bahasanya detail tapi ga berat .. Suka .. ^^
BalasHapusInformasi yang menarik untuk disimak. Sukses yah mba
BalasHapus