Minggu, 28 September 2014

Holiday in Lombok for Scientist

Surga dunia katanya disajikan alam Indonesia. Karenanya, Indonesia terkenal hingga ke penjuru dunia. Dan salah satunya karena Lombok.

Yang tidak tahu nama Lombok mungkin hanya segelintir orang saja. Tak ada alasan untuk tidak datang ke Lombok. Wisatawan penikmat keindahan mana yang tidak tahu destinasi wisata yang satu ini? 

Alamnya membuai, dengan hamparan pantai yang bersih. Menebarkan wangi pasir yang menggoda. Bibir lautnya meghempas mata dengan deburan ombak yang menantang, serta kearifan lokal dan keramahan penduduk yang memanjakan, membuat Lombok sangat menggiurkan. 

sumber foto disini

Pantai-pantai di Lombok sangat indah dan melenakan. Salah satunya, sebutlah Tanjung Aan. Digambarkan bagaimana buliran pasirnya yang agak kasar seukuran merica, merefleksi setiap ujung syaraf di telapak kaki. Mengajak langkah seakan tak ingin berhenti bergesekan, menyusuri tepi lautnya.

Bagaimana hembusan angin pantai dan suasana sepi menyepak ujung rambut seakan berkata, "Aku lah Allah, Tuhan mu yang memberi semua keindahan ini." Mata dipaksa sadar, bahwa Indonesia sangat diberkahi.

Ada lagi Selong Belanak. Pantai di sebuah desa yang juga menarik minat pecinta surfer. Deburan ombaknya mengajak adrenalin berpacu kencang. Bergelung bersama debur ombak yang tinggi, siap memanjakan jiwa-jiwa penantang.

Dua pantai diatas, hanya sekian dari pantai-pantai di Pulau Lombok yang begitu indah dan sebagian masih "perawan".

Tak hanya menyajikan "keseksian" alam semata. Wisata sejarah, patut membuat kita memperhitungkan Lombok menjadi tujuan. Pulau yang dikenal dengan sebutan seribu masjid, menyimpan kisah sejarah yang tidak sedikit.

Disebutkan beberapa sejarah kerajaan kuno Selaparang, yang dipercaya kemudian menjadi cikal bakal kerajaan Lombok masa lalu. Lalu ada sisa-sisa kebudayaan dan saksi sejarah Islam di beberapa masjid kuno. Salah satunya masjid kuno di Pujut, yang menjadi daya tarik wisata religi, yang menggambarkan betapa budaya di Lombok, telah begitu lama berkembang dengan mengadopsi berbagai nilai.

sumber foto disini

Faktor kesekian dari daya tarik Lombok adalah kekayaan hasil bumi nya. Selain dari bisnis pariwisata yang menarik, bisnis bahan alam juga menjadi pesona yang tidak pernah pudar. Nilai rupiah yang mengalir, menjadikan sumber kekayaan Lombok adalah salah satu harta negara yang berharga.

Riset daerahnya sendiri menunjukkan beberapa titik penemuan sumber emas, seperti di daerah sekotong. Juga ditemukan titik penemuan minyak bumi di daerah Lombok Selatan. Sungguh, ternyata sepenggal surga dititipkan di pulau Lombok. 

Tidak ada alasan untuk tidak datang ke Lombok, saat mata ingin dimanjakan ketika ingin rehat sejenak dari segudang aktifitas.

Dari kesekian alasan mengapa Lombok adalah satu dari sekian tempat wisata paling menarik, saya memandang dari sudut ilmu pengetahuan. Lombok punya daya tarik tersendiri bagi ilmu pengetahuan. Alamnya menyimpan harta riset yang sangat berharga.


sumber foto disini


Alam Indonesia menyimpan kekayaan alam yang ajaib untuk mencuri perhatian dunia. Seperti keberadaan komodo, yang selalu menjadi perbincangan. Bagaimana bisa hewan peninggalan purba ini bisa bertahan dan berkembang biak di Pulau Komodo.

Sudah cukup lama, dunia tahu bahwa Komodo adalah daya tarik riset biodiversity dari Lombok. Entah itu berkaitan tentang bagaimana cara makan komodo, cara bertahan hidup, cara berburu, dan muasal hewan yang dianggap purba ini, menjadi tujuan banyak orang untuk tahu lebih banyak. Terutama para peneliti dari berbagai belahan dunia.

Tidak seperti di Indonesia, perkembangan riset di Eropa untuk meneliti keragaman hayati memang sangat berkembang pesat dan menjadi perhatian pemerintah. Sejumlah dana yang tak sedikit di gelontorkan untuk mendukung penelitian-penelitian yang memakan banyak tenaga dan waktu.

Penelitian bidang Biodivesity (keanekaragaman hayati) yang dikembangkan, sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk suatu wilayah. Nilai ekonomi, manfaat bidang farmasi, pengembangan ilmu pengetahuan, dan dalam bidang ekologi.

Untuk negara berkembang seperti Indonesia, yang dianugerahi kekayaan keanekaragaman hayati yang termasuk terbesar di dunia, kekayaan Lombok adalah salah satu harta yang luar biasa. Daya tarik bidang hayati tersebut menjadi bernilai ekonomi yang sangat besar. Lombok bisa menjadi pusat riset alam yang mengagumkan.
 
Masih begitu banyak harta Pulau Lombok yang tidak terekspos media. Kehebohan sains yang lenyap diantara hingar bingar politik, yang semestinya mendapat tempat penting. 

Seperti populasi Rusa yang menjadi penghuni asli kaki gunung Rinjani. Ataupun Celepuk yang baru-baru saja mencuri perhatian. Celepuk jenis baru yang menghuni lembah Rinjani menjadi pelengkap pesona alam Lombok yang kaya.

sumber foto disini

sumber foto disini

Tak kalah dari kekayaan fauna nya, keberagaman flora di Lombok juga mendapat tempat penting. Riset farmasi dan pengembangan obat-obatan jenis baru bisa terus dikembangkan. Dengan menggali kebiasaan-kebiasaan masyarakat suku sasak yang memanfaatkan berbagai tanaman yang biasa ditemukan, untuk pengobatan, akan dapat dilakukan uji berkelanjutan terhadap tanaman obat tersebut. Penemuan obat baru bisa menjadi terobosan penting dalam dunia kesehatan.

Ternyata Lombok tak hanya menarik mata wisatawan ya untuk datang berkunjung di akhir pekan. Lombok juga tempat yang begitu menarik untuk para ilmuwan seluruh dunia.


http://animaliaranger.wordpress.com/2012/06/03/hewan-yang-menjadi-maskot-ntb-terancam-punah/
http://www.scribd.com/doc/28403591/Tanaman-Obat-Pulau-Lombok
http://unik.kompasiana.com/2013/02/14/celepuk-jenis-baru-dari-lombok-534086.html


2 komentar:

  1. Sama Mbak, saya juga. :D
    Om Saya asli Lombok Barat. Semoga kapan-kapan bisa kesana.

    BalasHapus